UII dan Universiti Kebangsaan Malaysia Kuatkan Kemitraan Strategis

Posted By DPKA UII    25 November 2015    12:57:56

Category Berita

UII dan Universiti Kebangsaan Malaysia Kuatkan Kemitraan Strategis

Implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015 menuntut perguruan tinggi di Asia Tenggara untuk saling bersinergi dalam menyiapkan lulusan yang adaptif terhadap dinamika kawasan. Universitas harus mempererat kerjasama yang kontributif terhadap perkembangan kawasan.

Demikian disampaikan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. dalam acara penandatanganan perpanjangan Memorandum of Understanding antara UII dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), di Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi RI, Jakarta, Jum’at(20/11).

"Kerjasama strategis antaruniversitas di Asia Tenggara adalah salah satu bentuk tanggung jawab perguruan tinggi dalam menguatkan identitas dan kebersamaan ASEAN" ungkap Dr. Harsoyo yang juga merupakan lulusan studi doktoral dari Fakulti Kejuruteraan dan Alam Bina UKM.

Kerjasama strategis yang perlu dilakukan di antaranya adalah penguatan kegiatan akademik, penelitian bersama, pertukaran staf pengajar dan mahasiswa, serta pengabdian masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

Rektor (Naib Canselor) UKM, Prof. Datok Dr. Noor Azlan Ghazali mengatakan, kerjasama UII-UKM diharapkan mampu menguatkan hubungan bilateral Indonesia-Malaysia.

Ditambahkan, keberhasilan dan pencapaian UKM saat ini tidak lepas dari dukungan perguruan tinggi di Indonesia di masa lalu. "Pada masa pendirian UKM, kami banyak menerima bantuan dosen dari Indonesia," ungkap Prof. Noor.

"Sampai saat ini UKM memiliki lebih dari 100.000 alumni, dengan 3.000 alumni berasal dari Indonesia, dan di antara alumni Indonesia tersebut, salah satu alumni terbaik kami, Dr. Harsoyo, kini menerima amanah sebagai Rektor UII," tambah Prof. Noor di hadapan puluhan hadirin.

Disampaikan Direktur Pemasaran, Kerjasama dan Alumni UII, Hangga Fathana, kerjasama UII-UKM memiliki potensi strategis melihat UKM merupakan salah satu universitas terbaik di Malaysia.

"Kerjasama dengan UKM telah dirintis oleh UII sejak tahun 2001. Kami melihat banyak peluang kolaborasi yang dapat dikembangkan oleh kedua universitas di masa mendatang," ungkap Hangga.

Penandatanganan MoU UII-UKM diselenggarakan bersama 14 perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Turut hadir dalam acara tersebut, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato' Seri Zahrain Mohamed Hashim.


Related article
  • no related article